PETANI GALAU ,HARGA RUMPUT LAUT NAIK-TURUN

BALANSIKU-,Salah satu Desa yang terletak di Pulau Sebatik Perbatasan Indonesia-Malaysia,Desa Balansiku yang berada di Kecamatan Sebatik ini,merupakan salah satu Desa Pesisir dari 19 Desa yang ada di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, yang memiliki Kekayaan Laut yang sangat Luar biasa untuk di Kelola.
Beberapa diantanya adalah Udang, Ikan dan yang  sangat Populer di Desa Balansiku  adalah Rumput Laut.
Pada awalnya para  Petani Rumput Laut hanya menjadikan pekerjaan sampingan,namun seiring  dengan bertambahnya permintaan ,kini banyak dari mereka menggantungkan hidupnya sebagai Petani Rumput Laut. Namun dengan hal ini para petani Rumput Laut mengeluhkan harga Rumput Laut yang belum maksimal.
Agus, petani Rumput mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah tentang Harga Rumput Laut yang selalu naik-turun Seharusnya Pemerintah mengambil bagian dalam hal patokan harga Rumput Laut,karena kebanyakan Petani Rumput laut menjual Rumput Laut mereka pada pengepul yang kemudian dibawa ketawau-malaysia. ini dikarenakan belum adanya patokan harga yang ditetapkan oleh Dinas terkait,sehingga harga Rumput Laut selalu naik-turun, terangnya.
Namun diluar dari patokan harga Rumput Laut yang selalu naik – turun, salah Tokoh Pemuda Desa  yakni Ketua Karang Taruna BANTER ( Balansiku Terbuka ) Desa Balansiku, juga sangat menyayangkan Kurangnya Pelatihan dan Pembinaan tentang cara pengelolaan Rumput Laut yang bisa dijadikan berbagai macam jenis makanan dan juga kosmetik Ëœ Seharusnya  pemerintah mengadakan pelatihan tentang pengelolaan Rumput Laut kepada para tokoh pemuda Desa Balansiku sehingga mereka dapat menjadikan peluang Usaha dan dapat mengurangi  Pengangguran,dan tentunya dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan Rumput Laut bisa lebih memiliki nilai jual yang tinggi dengan adanya Pelatihan pengelolaan Rumput Laut, karena tentunya permintaan Rumput Laut pastinya akan lebih meningkatterangnya.

–    Napsiah Amruh –

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*