Pulau Sebatik Potret Masyarakat Perbatasan

Balansiku, Sebatik.Pulau Sebatik salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan kota Tawau,Sabah Malaysia yang letaknya berada disebelah timur laut Kalimantan yang secara langsung menjadi wilayah administratif kabupaten Nunukan,Kalimantan Utara . Untuk berkunjung ke kota Tawau, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan perahu Speedboat.

Seiring dengan berjalannya waktu, Pulau Sebatik mengalami perkembangan yang pesat. Menurut data terbaru, Sebatik telah dimekarkan menjadi lima wilayah yakni kecamatan Sebatik, Sebatik Barat, Sebatik Timur, Sebatik Utara, dan Sebatik Tengah. Sejalan dengan hal itu, Sebatik memiliki sumber daya alam yang cukup potensial seperti hasil perikanan, Perkebunan Kelapa sawit, dan pisang serta potensi baru yakni Budidaya Rumput Laut.

Sebagai wilayah perbatasan dan memiliki SDA yang cukup berpotensi, sudah selayaknya mendapatkan perhatian dari pemerintah baik pusat maupun daerah. Perhatian yang dimaksud adalah tersedianya infrastruktur memadai untuk menunjang kegiatan keseharian masyarakat.

Infratruktur jalan yang rusak perlu ditangani dengan serius sebab hal ini erat sekali kaitannya dengan akses ekonomi masyarakatuntuk mengangkut hasil pertanian serta untuk menunjang kegiatan pendidikan. (Lhiza)

Sumber : SDN 002 Sebatik

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*