PUSAT KAJIAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS INDONESIA (PUSKAKOM) MELAKUKAN SURVEY PADA 100 ORANG DAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)

Melanjutkan Program Desa Broadband Terpadu BP3TI, Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia (PUSKAKOM) Mengadakan survei dan evaluasi dengan menyebarkan koesioner 100 lembar pada laki-laki dan perempuan dewasa di desa Balansiku. Dalam kegiatan ini PUSKAKOM mengirim 2 orang peneliti yaitu ibu Zahro dan Marta. Kegiatan Survei tersebut berjalan selama 2 minggu dan pelaksanaannya di mulai pada Bulan Juni Minggu pertama.
Pertemuan pertama tanggal 9 Juni 2016 diadakan di pancang. Pertemuan tersebut dimulai dengan perkenalan diri peneliti dari UI, koordinasi waktu FGD dan cara mengisi kuesioner. Pada pelaksanaan survey pada umumnya terdapat 1 Fixer (koordinasi lapangan) atau sama dengan Petugas Survey dan Enumeratornya Berjumlah 2 Orang Pada Setiap Desa. Dalam kegiatan ini Budget perdesa Berjumlah Rp. 5.000.000 dengan rincian Rp. 3.000.000 untuk petugas survey dengan per kuesioner Rp. 30.000 dengan total 100 Kuesioner, Rp. 1.000.000 untuk honor Petugas survey yang di bayar cash oleh peneliti dan Rp. 1.000.000 untuk operasional petugas survey.
Disamping itu, peneliti juga melakukan FGD (Focus Grop Discussion) atau diskusi kelompok tentang potensi ekonomi desa. Dalam diskusi tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua PKK, Lembaga Adat, Tokoh Agama, Ketua Kelompok Nelayan, Ketua BUMDES, Tokoh Masyarakat dan LPM. Pelaksanaan FGD ini diadakan hari Rabu, 15 juni 2016 jam 10.00 Pagi, dengan tujuan membahas, menggali, dan mengenal lebih dalam tentang potensi potensi yang ada di Desa Balansiku.
Selain itu, kegiatan ini membahas mengenai kendala-kendala atau masalah yang dihadapi masyarakat dalm mengembangkan potensi yang ada di Desa Balansiku.
Dalam FGD tersebut sangat besar harapan dengan adanya dilakukan FGD dari peneliti Menggali Potensi Ekonomi Desa dan dengan disampaikan kendala yang dihadapi akan mendapat perhatian langsung dari pihak Pusat agar Desa Balansiku akan Sukses dan akan di kenal di seluruh Indonesia, Ucap H.Firman H.Latif / Kepala Desa Balansiku.
By. YUSLAN PUTRA

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*