Penambahan Sarana Dan Prasarana (Kolam Ikan, Air Mancur, Bambu Dan Aquaponik) Di Desa Balansiku

Kolam Ikan, Air Mancur, Bambu Artificial dan Aquaponik (Desa Balansiku, 14 Januari 2018).

Ada tiga filosofi air dan analog terkait perilaku manusia, yaitu:

Pertama, air selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Tuhan menciptakan air agar manusia bisa mengambil pelajaran darinya. Sifat air yang selalu mengalir ke tempat rendah sebagai analog bahwa manusia harus bersikap rendah hati. Air juga selalu berguna bagi makhluk hidup yang ada di bawahnya. Ibarat pemimpin, air adalah pemimpin yang melayani, jika ia berada di posisi teratas, maka ia akan menjadi pelayan bagi orang-orang yang membutuhkan di bawahnya. Tidaklah salah jika sifat pertama ini dianalogikan dengan pemimpin yang melayani. Pemimpin yang melayani adalah sumber kesejahteraan bagi masyarakat yang ia pimpin.

 

 

 

 

 

 

 

Kedua, air selalu mengisi ruang-ruang yang kosong. Air pasti memenuhi segala ruang dengan wujudnya. Perlahan tapi pasti, melalui celah antar sekat, air akan mengisi segalah ruang hingga penuh. Manusia yang baik adalah manusia yang berusaha mengisi kekosongan hati dari manusia lainnya. Dengan meniru sifat air, kita semestinya bisa menjadi penolong bagi manusia lainnya yang sedang bermasalah atau kekurangan. Tentu, jika sifat air yang kedua ini benar-benar kita teladani, kita selalu memiliki waktu untuk melengkapi kehidupan manusia lainnya. Artinya, kita menjadi manusia yang senang menolong dan suka berbagi. Karena sebenarnya, batin kita terisi setelah memenuhi kekurangan dari saudara kita.

 

 

 

 

 

 

 

Ketiga, air selalu mengalir ke muara. Tak peduli seberapa jauh jaraknya dari muara, air pasti akan tiba di sana. Hal utama yang patut diteladani dari perjalanan air menuju muara. Waktu tempuh air untuk sampai ke muara sangat bervariasi. Ada yang hanya beberapa hari, tapi ada juga yang beberapa minggu. Patut diingat, hal terpenting bukanlah waktu tempuh yang akan dilalui, tapi seberapa besar keyakinan untuk menuju muara atau visi atau impian yang akan kita gapai.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan